Cara menyembuhkan borok di kulit

Janganlah kira mudah luka kecil. Bila dilewatkan serta salah perlakuan, luka itu dapat makin jadi membesar, memborok serta sulit pulih. Ini pengalaman pribadi coy, borokan sepanjang dua bulan (malu-maluin ya, telah gede borokan :)). Ini sebatas narasi. Hanya memberi tau saja, janganlah sampai Anda menanggung derita dikarenakan borok. Dikarenakan ini, gue tidak dapat nikmati maen futsal bareng kawan-kawan.. hehe. Karena itu, gue cobalah bagi-bagi panduan mengobati luka serta memberantas borok. Yuk, mari..!

Semua bermula waktu mindahin meja kerja gue dari lantai atas ke lantai bawah (gue ingin dibawah, lebih adem). Menjadi karyawan teladan tidak ada kelirunya ‘kan gue bantuin OB.. hehe. Nah, waktu gotongan mengalihkan meja lewat tangga, OB di muka tidak memberi aba-aba jika telah sampai turunan (tangga). “Wadaw..! ”, gue teriak karena sisi bawah meja mendadak menggaruk dua jempol kaki gue sekaligus juga. Mak nyus..!

Lukanya sich tidak dalam.. hanya sisi kulit sisi luar mengelupas serta berdarah dikit dengan luas luka seputar (0, 2 cm x 1, 2 cm) x 2 jempol kiri kanan (waduh detil amit.. kalah deh rumus luas deretan genjang.. hehe).

Gue secara langsung kasih betadine luka-luka itu. Gue duga semua akan selekasnya selesai. “Paling juga 1 minggu langsung bisa jadi kering serta sembuh”, fikir gue.

1 minggu lalu bener sich pulih, tetapi hanya jempol kiri yang pulih. Sesaat luka jempol kanan belum juga kering. Gue masih tetap nganggep mudah itu luka yang mulai memborok menjadi tandanya infeksi bakteri. saat itu, gue masih tetap yakin imun badan gue masih tetap dapat menangani borok kecil itu serta tidak akan lama lagi juga bakal pulih. Karena itu gue belom kepikiran bersilahturahmi ke dokter. Selain itu, sebenernya gue agak dikit trauma pergi ke dokter, yang gue alami kerap mal praktik en salah kasih obat sich. Mulai generalisasi neh.. pencemaran nama baik dokter tuch, entar dituntut loch.. hehe.

Kal0 ke dokter, sangat juga suruh minum anti-biotik. Jika itu, gue telah tau en tidak perlu ke dokter cuma untuk mendapatkan anti biotik (wah, sombong serta ujub neh.. astaghfirullah). Dokter juga memberi antibiotiknya itu-itu saja. Jika Anda pergi ke puskesmas, sangat juga Anda akan diberi amoxcillin.

Dua minggu berlalu, koq belumlah pulih juga. Satu bulan lalu, masihlah demikian. Walau sebenarnya gue telah mengaplikasikan beberapa panduan dari mbah google. Dari mulai bersihkan luka dengan alkohol or revanol, sampai beli salep yang tuturnya mujarab.

Sampai dua bulan lalu, koq tetep sama. Borok terkadang kering sisi permukaan, akan tetapi mendadak berair lagi. Demikian selalu berkali-kali tanpa perkembangan yang bermakna.

Karena tidak sabar ingin cepet maen serta gabung lagi sama team futsal, gue akan memutus untuk minum anti-biotik. Buat gue ini darurat. Dengan sangat terpaksa pada akhirnya gue minum antibiotik. Sesudah konsultasi dengan mbah google serta dokter, gue putuskan untuk minum anti-biotik amoxcillin (haha.. gue terkena karma nih, awal mulanya gue hina-hina tuch obat, saat ini justru gue mimun).

Walhasil, baru tiga hari gue minum antibiotik borok gue secara langsung menciut serta jadi kering. Ahaaa, seneng banget gue. Alhamdulillah, semua puji buat Allah yang sudah mengirim obat buat penyakit hambamu ini. Saat ini gue dapat maen futsal lagi coy.. 🙂

Kesimpulannya berikut langkah cepat mengobati borok, pertama, janganlah sampai Anda terluka, karena luka sekecil apa pun jika telah infeksi tentu borokan. (hehe, ya iyalah. Siapa juga yang ingin terluka? Dadar dudut.. 🙂

Ke-2, bila Anda terluka, selekasnya membersihkan luka itu memakai kapas serta cairan revanol atau alkohol. Beli saja di apotik Bos..! Alkohol rasa-rasanya lumayan sedep-sedep panas, jika revanol rasa-rasanya adem :). Jika memang perlu, kemudian diberi betadine. Kalaupun juga tidak, sebenernya darah putih yang keluar dari luka cukup sudah menjadi antiseptik alami. Darah itu memiliki kandungan unsur pembunuh bakteri serta pengering luka. Ini penyembuhan yang sangat efisien serta efesien. Menjadi catatan, luka mesti bener-bener bersih, janganlah sampai ada benda asing yang nemplok di luka. Jika ada sisa-sisa kulit yang mengelupas, selekasnya singkirkan..! Karena ini mungkin saja bibit pengundang bakteri waktu beberapa sel kulit itu mati membusuk. Kamu cabut or gunting saja sesudah gunting disterilkan dahulu lewat cara dipanaskan serta diolesi alkohol. Ini menahan infeksi tingkat lanjut, dengan begitu luka akan cepat jadi kering serta pulih.

Dari pengalaman luka dua jempol kaki gue, jempol kiri cepet pulih (cuma satu minggu) karena waktu dibikin bersih pakai revanol tidak kebetulan ada bekas kulit yang mengelupas. Walau sebenarnya lukanya lebih kronis dari yang kanan. Demikian sebaliknya, kaki kanan masih tetap tersisa kulit yang mengelupas. Kesalahannya, gue tidak cabut kulit mengelupas itu, malah gue tutupin ke luka (kulitnya telah gue anggep handsaplas, hehe). Akhirnya, seperti yang Anda kenali diatas. Darah putih menjadi antiseptik alami akan kesusahan melawan perkembangan bakteri yang begitu cepat di borok.

Ke-3, jika telah terlanjur infeksi, kamu kudu minum antibiotik! Kalaupun tidak, borok akan begitu lama pulih. Pilih anti-biotik yang aman serta sama dengan infeksi yang kita alami. Borok adalah satu bentuk infeksi kulit. Gue sendiri pilih Amoxcillim 500 mg. Obat ini tidak membunuh bakteri dengan cara langsung tapi lewat cara menahan bakteri membuat seperti susunan yang menempel disekujur tubuhnya. Susunan ini buat bakteri berperan begitu vital yakni membuat perlindungan bakteri dari pergantian lingkungan serta melindungi supaya badan bakteri tidak tercerai berai. Bakteri akan tidak dapat bertahan hidup tanpa susunan ini.

Harga nya obat ini lumayan mahal. Tetapi, agan-agan semua tidak perlu khaawatir karena anti-biotik ini telah ada berbentuk generik yang di produksi oleh BUMN farmasi terpenting di Indonesia. Harga nya relatif dapat dijangkau. Amoxcillin merupakan antibiotik spektrum luas untuk beberapa macam infeksi, diantaranya untuk infeksi kulit. Anti-biotik ini nyatanya aman untuk ibu hamil serta menyusui.

Untuk dosis penggunaan, bergantung dari kronis tidaknya tingkat infeksi. Untuk masalah borok saya, Amoxcillim 500 mg diminum tiap-tiap 12 jam sekali (satu hari 2 kali). Diminum sepanjang 5 hari, mesti di habiskan! Untuk infeksi yang kronis, dapat tiap-tiap 8 jam sekali (satu hari 3 kali), diminum sepanjang 5 hari. Resikonya dari Amoxicillin diantaranya : diare, masalah tidur, perasaan terbakar di dada, mual, gatal, muntah, resah, nyeri perut, perdarahan serta reaksi alergi yang lain. Oya satu lagi gan, bila sakit berlanjut, hubungi dokter (haha.. tidak mau tanggung jawab).

Walaupun telah minum anti-biotik, luka Anda mesti kerap dibikin bersih memakai revanol/alkohol serta kapas. Terpenting, bila borok keliatan berair, basah serta banyak terkandung debu jadi selekasnya Anda membersihkan. Sesudah dibikin bersih, akan keluar darah putih yang bisa menjadi pelapis baru borok Anda. Lantas biarlah jadi kering..! Bila luka terlihat jadi kering, biarlah sampai ia terkelupas sendiri serta berarti luka Anda sudah pulih (kira-kira satu-dua minggu).

Referensi : http://www.obatgatalku.com/cara-mengobati-borok-di-kulit/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s